Friday, May 8, 2009

11 karakteristik manajemen sekolah

1. Karakteristik1: Perencanaan dan Pengembangan Sekolah

Perencanaan merupakan dasar bagi fungsi manajemen lain
Perencanaan merupakan pernyataan mengenai kehendak di masa depan yang ingin dicapai
Perencanaan meliputi jangka pendek, menengah dan panjang
Sekolah yang efektif memiliki rencana pengembangan sekolah yang disepakati bersama

Karakteristik 2: Iklim dan Budaya Sekolah
Penciptaan dan pemeliharaan iklim yang kondusif untuk belajar
Penciptaan norma dan kebiasaan yang positif
Penciptaan hubungan dan kerja sama yang harmonis yang didasari oleh sikap saling menghargai satu sama lain

Karakteristik 3: Harapan yang Tinggi untuk Berprestasi
Penciptaan etos positif yang dapat mendorong siswa berprestasi
Tanggung jawab yang tinggi bagi pembelajaran siswa,
Harapan yang tinggi akan pekerjaan yang berkualitas tinggi,
Pemberian perhatian pribadi kepada siswa perorangan.

Karakteristik 4: Pemantauan terhadap Kemajuan Siswa
Pemberian pekerjaan rumah kepada siswa
Terdapat prosedur penilaian yang dilakukan secara terprogram (formatif dan sumatif)
Pemberian balikan yang segera kepada siswa

Karakteristik 5: Kepemimpinan Kepala Sekolah
Sejauhmana tanggung jawab kepemimpinan diambil alih atau didelegasikan oleh kepala sekolah
Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala sekolah berperan penting.
Pendekatan kepemimpinan partisipatif

Karakteristik 6: Pengembangan Guru dan Staf
Guru merupakan fasilitator pembelajaran yang perlu dijaga kualitasnya
Pengembangan profesional guru menentukan hasil pembelajaran
Perlu adanya program pengembangan guru dan staf

Karakteristik 7: Penguatan Kapasitas Siswa
Tujuan akhir program pembelajaran adalah pada peningkatan kemampuan siswa
Pemberian kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan potensi dirinya
Penyediaan program dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar

Karakteristik 8: Keterlibatan Orangtua dan Masyarakat
Keterlibatan orangtua merupakan stimulus eksternal yang berperan penting bagi peningkatan kualitas pembelajaran
Kerjasama orangtua dan sekolah dalam pemberian bimbingan belajar dan dalam menumbuhkan kedisiplinan kepada anak mereka

Karakteristik 9: Keterlibatan dan Tanggung Jawab Siswa
Pembelajaran hanya mungkin terjadi bilamana siswa mempunyai pandangan yang positif terhadap sekolahnya dan peranan mereka di dalamnya
Keterlibatan siswa menumbuhkan pada diri siswa rasa memiliki terhadap sekolah dan terhadap pembelajarannya sendiri

Karakteristik 10: Penghargaan dan Insentif
Pemberian penghargaan jauh lebih penting ketimbang menghukum atau menyalahkan siswa
Penghargaan dan insentif mendorong munculnya perilaku positif dan, dalam beberapa hal, mengubah perilaku siswa (dan juga guru).

Karakteristik 11: Tata tertib dan Kedisiplinan
Kesepakatan kepala sekolah dan guru terhadap kebijakan disiplin sekolah
Dukungan yang diberikan kepada guru bilamana mereka melaksanakan peraturan disiplin sekolah.

Sumber:

Arismunandar. (2006). Sistem Manajemen Sekolah (Materi Pelatihan Pengawas Sekolah)

No comments: